Breaking News

Friday, May 24, 2013

"Pembuat Soal Interaktif" ( Hotpotatos Portable )


Banyak software untuk membuat media pembelajaran interaktif. Setiap software pasti ada kelebihan dan kelemahan masing-masing. Ada diantara berbagai software tersebut yang memfokuskan pada fungsi tertentu, diantaranya adalah membuat soal interaktif.  Pembuat soal interaktif yang sudah terkenal di kalangan pengajar yang memanfaatkan teknologi Informasi adalah Hotpotatoes.
 
Hotpotatoes terdiri atas beberapa aplikasi, yaitu:
1. JQuiz, untuk membuat : soal pilihan ganda (Multiple Choice Questions), soal isian singkat (Short Answer Question, soal gabungan dari pilihan ganda dan isian singkat (hybrid question) dan soal pilihan ganda majemuk (multi-select question).
2. JMix, untuk membuat kuis dalam bentuk acak kata (jumble word) dan acak kalimat (jumble sentence).
3. JCross, untuk membuat Teka-Teki Silang (TTS)
4. JMatch, untuk membuat soal menjodohkan.
5. JCloze, untuk membuat soal melengkapi kalimat.
6. The Masher yang merupakan fasilitas untuk menggabungkan berbagai kuis yang sudah dibuat. versi gratis hanya dapat menggabungkan tiga kuis.

Secara umum Hotpotatoes gratis untuk keperluan pendidikan dan non-komersil , hanya perlu register supaya tidak dibatasi jumlah soal yang dibuat , kalau tidak register dibatasi hanya bisa membuat 3 soal per kuisnya. Hotpotatoes dapat diinstall di komputer, dapat pula dibuat portable.

Download Disini

Jangan lupa di kasih "like" ya
terima kasih

No comments:

Post a Comment

Designed By Nur Soleh